Keluarnya cairan selain darah dari jalan lahir vagina atau lebih dikenal dengan istilah keputihan atau leukorea. Keputihan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu keputihan karena faktor fisiologis dan keputihan karena gejala abnormal .Meskipun keputihan tidak menyebabkan kematian akan tetapi keluarnya cairan yang membasahi bagian dalam akan mengalami iritasi,menimbulkan gatal dan juga berakhir pada kesakitan. Penyebab dari keputihan disebabkan karena anda sedang mengalami anemia, nefritis, hepatitis. Ada pun pada ibu hamil biasanya terjadi keputihan pada awal kehamilan sampai pada masa persalinan . Keputihan yang berbahaya adalah keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri dan virus. Anda mengalami keputihan berwarna coklat? cairan yang mengumpal (lendir) berwarna coklat pada keputihan anda merupakan tanda-tanda penyakit kelaminan anda.
Penyebab Warna Coklat :
Warna lendir pada keputihan merupakan tanda anda sedang bermasalah pada bagian tertentu di alat reproduksi anda. Keputihan warna coklat disebabkan adanya faktor berikut :
1.Periode Haid
Jika anda mengalami keputihan berwarna coklat setelah haid itu merupakan hal yang biasa untu membersihkan dan meluruhkan darah haid. Umumnya cairan nya berwarna coklat tua dan tidak menimbulkan gejala gatal,tidak berbau.
2.Eliminasi Endometrial
Pada pertengahan siklus menstruasi yang mengalami gangguan endometrial akan menimbulkan bercak darah yang mempengaruhi periode haid anda menjadi lebih lama dari sebelumnya.
3.Kehamilan Awal
cairan kecoklatan yang dihasilkan dari vagina anda mungkin saja diantara nya merupakan tanda awal kehamilan anda. Wanita yang seharusnya mengalami menstruasi akan tetapi malah terdapat bercak atau cairan berwarna coklat. Lakukan tes kehamilan untuk memastikannya.
4.Menopouse
Periode haid yang tidak teratur menjelang menopause merupakan hal biasa.Selain itu para wanita yang akan menjelang menopouse mengalami pendarahan ringan atau bercak kecoklatan dikenal dengan istilah atropi yang terjadi karena pembiluh darah melemah dan secara spontan di dalam rahim yang menimbulkan bercak kecolatan.
5.Penyakit
Keluarnya cairan coklat dari vagina yang disertai dengan sakit di daerah vagina, sakit saat anda sedang senggama, area vagina kering , menimbulkan rasa gatal, sariawan mulut sampai pada berkurangnya nafsu makan. Hati-hati ini merupakan tanda awal bahwa anda menggalami gangguan kewanitaan yang jika dibiarkan akan menimbulkan beberapa penyakit.
Penyakit Yang Mungkin Timbul :
Seperti yang kita ketahui sebelumnya keputihan merupakan awal dari tanda-tanda adanya masalah kesehatan pada alat reproduksi anda, meskipun tidak semua keputihan berbahaya.Jika anda mengalami keputihan berwarna coklat , berbau, sakit , gatal, sampai pada penurunan nafsu makan . Kondisi ini akan menyebabkan beberapa kemungkinan yaitu :
1.Kanker Serviks
jenis kanker yang disebabkan oleh human papiloma virus (HPV) onkogenik yang akan menyerang rahim. Selain adanya keputihan berwarna kekuning-kuningan yang bercampur dengan darah menjadi kecoklatan.Gejalanya baru akan mulai tampak setelah memasuki stadium yang lebih jauh.
2.Pelvis Inflammatory Disease
Dikenal dengan istilah penyakit radang panggul dengan adanya peradangan yang menghubungkan indung telur dengan rahim. Penyebabnya disebabkan oleh bakteri vagina yang bergerak ke rahim. Penularan terjadi karena hubungan seksual atau prosedur kebidanan .Adapun gejala awalnya yaitu dengan keputihan berwarna coklat, demam, kram menstruasi, nyeri ketika berhubungan,perdarahan setelah melakukan hubungan seksual.
3.Klamida
penyakit infeksi kelamin yang menular disebabkan adanya kuman CHlamydia trachomatis.Disebarkan melalui hubungan seksual menyebabkan kehamilan ektopik dan kejadian infertilitas.
Tidak dapat dipastikan secara dini bahwa keputihan yang berwarna coklat anda adalah keputihan abnormal atau normal karena harus melalui serangkaian test mikroskopik. Konsultasikan kepada dokter kandungan segera.

 :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN