MAKALAH SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN

BAB 1
PENDAHULUAN



1.1 LATAR BELAKANG
Dalam rangka mendukung terlaksananya Sistem informasi manajemen kepegawaian yang baik, yang benar, dan akurat, maka pemerintah pusat menyelenggarakan suatu sistem database yang berbasis internet yang dapat terhubung langsung dengan Badan Kepegawaian Negara. Sistem informasi ke pegawaian yang berbasis database ini biasa disebut dengan SIMPEG.Pelaksanaan SIMPEG ini diserahkan dari pusatke padapemerintah daerah untuk menjalankannya.Pengaplikasian data di BKD Provinsi Jawa tengah
telah menerapkan manfaat pencatatan data Kepegawaian yaitu sebagai sarana untuk menyimpan datakepegawaian secara sistimatis, sehingga memudahkan penemuan kembali jikadiperlukan. Data kepegawaian kabupaten Jawa Tengah diolah menjadi informasikepegawaian, sangat diperlukan untuk bahan pembinaan pegawai.Pengelolaan kepegawaian di
BKD Provinsi Jawa Tengah yang bersifat manajerial maupun teknis administratif selalu berhubungan dengan data, dalam bentuk yang tercetak maupun data elektronik. Kegiatan administrasi kepegawaianakan berpengaruh pada keadaan data perorangan pegawai maupun keseluruhan.Seringkali perubahan-
perubahan yang terjadi tidak segera diketahui para pelaksana administrasi yang lain. Keberadaan perangkat komputer tidak banyak membantu karena data disimpan dan dikelola oleh masing-masing pelaksana dantidak ada kesatuan platform dalam penyimpanannya.
 Penerapan SIMPEG di BKD Provinsi Jawa Tengah sudah berjalan dengan baik,hal ini dapat dilihat dari mudahnya orang yang ingin menemukan atau mencari data terkait Kepegawaian. Dengan adanya SIMPEG yang baik maka akan membantu dalam pengmbilan keputusan maupun peningkatan kesejahteraan pegawai misalnya dalam hal kenaikan pangkat.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1) Apa itu SIMPEG?
2) Bagaimana tujuan dan manfaat SIMPEG di lingkup pemerintahan BKDProvi Jawa Tengah?
3) Bagaimana penerapan SIMPEG terkait Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian di BKD Provinsi Jawa Tengah?
4) Apa Keuntungan yang di dapat dalam pengaplikasian Database dalamSIMPEG?
1.3 TUJUAN PENULISAN
1) Agar lebih memahami apa itu SIMPEG
2) Agar dapat mengetahui bagaimana penerapan SIMPEG di BKD Provinsi Jawa Tengah

























BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN SIMPEG 
Pengertian SIM(Sistem Informasi Manajemen)
Yang dimaksud dengan
SIM(sistem informasi manajemen)
 adalah segala sesuatu yang menyangkut perencanaan, pengembangan,pengelolaan dan penggunaan alat bantu teknologi informasi untukmembantu manusia dalam menyelesaikan seluruh pekerjaan yangberhubungan dengan pengolahan dan pengelolaan informasi.
Komponen dari SIM sendiri adalah:
Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuna ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Karenanya,manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untukmemanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapaitujuan secara efektif dan efesien.
Teknologi Informasi (hardware dan software)Teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap prosespenyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga lebihcepat, lebih luas sebarannya, lebih lama penyimpanannya.Informasi Sumber Daya Manusia (brainware)

Pengertian SIMPEGSIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Pegawai)
Didefinisikan sebagai Sistem Informasi terpadu, yang meliputi pendataan pegawai,pengolahan data, prosedur, tata kerja, sumber daya manusia dan teknologi informasi untuk menghasilkan informasi yang cepat, lengkapdan akurat dalam rangka mendukung administrasi kepegawaian.
Lingkup Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian
1. Sistem informasi dan aplikasi
2. Sarana komputer dan penunjang
3. Sarana komunikasi
4. Organisasi dan Sumber Daya Manusia pelaksana
5. Pembiayaan
6. Dukungan Manajemen
2.2 Tujuan dan manfaat SIMPEG di Lingkup Pemerintahan Jawa Tengah yaitu sebagai berikut :

2.2.1
Tujuan SIMPEG di Lingkup Pemerintahan Jawa Tengah
1. Untuk mendukung Sistem Manajemen pegawai negri di Jawa Tengah yang rasional dan             pengembangan SDM di Aparatur Pemerintah Jawa Tengah.
2. Mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi.
3. Menyediakan Informasi PNS yang akurat untuk keperluan perencanaan,pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian PNS.di kabupaten Jawa Tengah.
4. Membantu Kelancaran pekerjaan di bidang kepegawaian, terutama dalampembuatan laporan
2.2.2
Manfaat SIMPEG di Lingkup Pemerintahan Jawa Tengah
1)Pelacakan informasi data seseorang pegawai di Jawa Tengah akan mudah dan cepat.
2)Pembuatan Laporan dapat mudah dikerjakan.
3)Mengetahui Pegawai di Jawa Tengah yang akan naik pangkatdan yang akan mendapat kenaikan gaji berkala
4)Memudahkan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian Jawa Tengah 5)Mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai di kabupaten pacitan (Profil Kepegawaian) yang cepat dan akurat
6)Dapat merencanakan penyebaran (mutasi) pegawai di Jawa Tengah sesuai pendidikan dan kompetensinya
7)Merencanakan Kebutuhan Pegawai (Neraca Kebutuhan Pegawai)

2.3 HAMBATAN SIMPEG Web base (Berbasis Intranet/ Internet) di Jawa Tengah Kurangnya dan lemahnya akses Internet di Jawa Tengah
Jawa Tengah adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Luas wilayahnya 34.548 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di sebelah selatan (dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa.
Pengertian Jawa Tengah secara geografis dan budaya kadang juga mencakup wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jawa Tengah dikenal sebagai "jantung" budaya Jawa. Meskipun demikian di provinsi ini ada pula suku bangsa lain yang memiliki budaya yang berbeda dengan suku Jawa seperti suku Sunda di daerah perbatasan dengan Jawa Barat. Selain ada pula wargaTionghoa-Indonesia, Arab-Indonesia dan India-Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi ini.
 Pemerintah Jawa Tengah harus memperbanyak pendirian tower-tower penguat jaringan sinyal internet pada tempat-tempat tertentu yang telah di rasakurang sinyal internet seperti daerah pegunungan sehingga pegawai di Jawa Tengah lancar dalam menjalanan aplikasi SIMPEG yang berbasis Wabebase.

2.4 Keuntungan SIMPEG Web base (Berbasis Intranet/ Internet)yang diterapkan di Jawa Tengah adalah
Dapat memelihara satu data besar secara bersama-sama
Kesalahan / data yang kurang valid dapat dimonitor dan dikoreksi bersama
Dapat melakukan pertukaran data dan file.
Berbagi sumber daya misalnya pemakaian satu printer untuk beberapakomputer yang terhubung dalam jaringan komputer .
Mempermudah komunikasi dalam suatu lingkungan kerja, misalnya denganadanya program
 E-mail atau chatting
 Apabila salah satu unit komputer terhubung ke internet melalui modem atau LAN, maka semua atau sebagian unit komputer dalam jaringan dapat mengakses dengan metode sharing connection.








BAB III
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
Dalam pengaplikasian SIMPEG di Jawa Tengah merupakansuatu jalan kemudahan dalam pendataan pegawai, pengolahan data, prosedur, tatakerja, sumber daya manusia dan teknologi informasi untuk menghasilkan informasi yang cepat, lengkap dan akurat dalam rangka mendukung administrasi kepegawaian.dan dalam pengaplikasian tersebut perlu adanya dukungan dari sumberdayamanusia dan baiknya faktor alam yang ada, jika di terapkan di Jawa Tengah maka SIMPEG berbasis “Web base” tersebut mengalami banyak gangguan
dari faktor alam seperti kurangnya sinyal internet dan pematian listrik sering sekaliditemukan karena tanah yang sering longsor, sehingga mempengaruhi jalan yangada dalam proses SIMPEG.
3.2 SARAN
Dalam pengaplikasian SIMPEG di Jawa Tengah dalam hal iniharus memperhatikan faktor lingkungan dan alam yang ada dan dalam pengambilansuatu kebijakan harus tepat terutama jika kebijakan tersebut menyangkut tentanghal-hal yang akan mempengaruhi SIMPEG yang ada di Jawa Tengah.Dalam sektor alam jika longsor sering terjadi dan dampak yang ada adalah pemadaman listrik secara masal maka hal tersebut mampengaruhi pengoperasianSIMPEG berbasis Web base maka pemerintah harus memperbaiki pembangunan Teras sering pada titik-titik yang telah di tandai sebagai daerah rawan.










MAKALAH
SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN
KEPEGAWAIAN PROVINSI JAWA TENGAH
Description: Description: D:\logo_footer_yellow.png


Dosen :
Dra. SRI DAYATI. MPA
Disusun oleh
Dwi Lestari
1320201025
SEMESTER IV (KARYAWAN)
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
JURUSAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA
UNIVERSITAS TIDAR MAGELANG


Komentar

Postingan populer dari blog ini